Featured Video

Syarat Umroh, Rukun Umroh, Wajib Umroh, dan Tipe-Tipe Umroh

Diposting oleh Unknown on Rabu, 16 Januari 2013

Hai... berjumpa lagi dengan saya nih, gimana kabar kalian? Baik kan? Kkita lanjutin yuk ceritanya! Setelah itu tanpa aku bertanya, nenek langsung mmenjelaskan tentanng syarat umroh, rukun umroh, wajib umroh, dan tipe-tipe umroh. Aku sih lumayan heran, kenapa nenek tiba-tiba  mmenjelaskan tentang itu semua kepadaku, kenapa nenek tiba-tiba menjelaskan itu semua kepadaku?, tanyaku. Nenek menjawab, supaya kamu siap jikalau kamu melakukan umroh di masa depanmu. Aku paham dengan pemikiran nenek yang begitu. Ok dah, dari pada banyak basa-basi, kalian baca saja penjelasan tentang yang dijelaskan nenekku mengenai syarat umroh, rukun umroh, wajib umroh dan sekaligus tipe-tipe umroh di bawah ini!

Syarat  Umroh :
1. Muslim (umroh hanya boleh dilakukan oleh umat islam).
2. Berakal (dalam keadaan sadar atau tidak gila).
3. Baligh (sudah dewasa, laki-laki salah satunya ditandai dengan mimpi basah sementara perempuan ditandai dengan menstruasi ).
4. Mampu (mampu dalam arti mampu biaya dan mampu dalam kedaan fisik atau kesehatan, terdapat kendaraan yang siap mengantar umroh dan juga keamanan dalam ari keselamatan jiwa).

Rukun Umroh yaitu :
1. Ihram (Niat bagi kaum muslim yg hendak menunaikan ibadah haji atau umroh di Tanah suci Mekah dengan menggunakan pakaian ihram. Pakaian ihram berbeda dengan pakaian yang seperti biasanya, pakaian ihram yaitu kain putih tanpa jahitan yang hanya dililitkan di tubuh dan kadang disebut juga dengan pakaian suci).
Larangan saat melaksanakan ihram :
a. Tidak diperbolehkan memotong dan mencabut sebagian atau keselruhan rambut, tidak boleh memotong kuku, tidak boleh menggaruk kulit sampai terkelupas dan mengeluarkan darah.
b. Tidak diperbolehkan mengenakan parfum, termasuk parfum yang terdapat pada sabun mandi.
c. Tidak diperbolehkan membikin gaduh, seperti bertengkar.
d. Tidak diperbolehkan bermesraan meskipun dalam ikatan yang resmi.
e. Tidak diperbolehkan bersetubuh antar pasangan resmi.
f. Tidak diperbolehkan berkata-kata kotor.
g. Tidak diperbolehkan melakukan pernikahan.
h. Tidak diperbolehkan berburu binatang atau membantu berburu binatang liar.
i. Tidak diperbolehkan membunuh binatang liar atau pun binatang pelliharaan (kecuali mengancam jiwa), memotong atau mencabut tumbuh-tumbuhan yang masih hidup dan segala hal yang mengganggu kehidupan mahluk.
j. Tidak diperbolehkan memakai make-up.
k. Pria tidak diperbolehkan  : memakai penutup kepala (topi, sorban,dsb), memakai pakaian yang terdapat jahitannya dan tidak boleh memakai alas kaki yang menutup mata kaki.
l. Wanita tidak diperbolehkan : menutup wajah dan tidak boleh menutup telapak tangan mengenakan apa pun.
2. Tawaf (Mengitari Ka'bah sebanyak 7 putaran).
3. Sai (berlarian kecil Shafa – Marwah sebanyak tujuh kali ).
4. Tahallul (mencukur rambut kepala atau memotong sebagian).
5. Tertib.

Wajib Umrah adalah hanya Ihram dari miqat
1. Sebelum berangakat mrnaiki pesawat, mandi trlebih dahulu kemudian mngenakan wangi-wangian.
2. Bagi pria memakai kain ihram yang sudah itentukan, dua helai kain yang tidak dijahit mengurung, satu helai kain untuk pengganti celana, yang sehelai lagi untuk selendang. Bagi perempuan pakaian ihramnya biasa saja.
3. Menjelang tiba di miqat (Qarnulmanazil), lakukan shalat sunnah dua rakaat (sunat at au wajib).
4. Tepat di Qarnulmanazil (miqat), kurang lebih 25 menit sebelum pesawat mendarat di Lapangan Terbang King Abdul Aziz Jeddah, kita mulai berihram, dengan niat umroh yang ikhlas dan tulus tanpa ada paksaan serta mengucapkan talbiyah.

Tipe Umroh yaitu :
1. Umroh Mufradah adalah umroh yang tidak ada kaitannya dengan ibadah haji yang dapat dikerjakan selama ada niat atau kemauan dan kemampuan bagi setiap umat muslim serta dengan waktu yang tidak terikat.
2. Umroh Tamattu' adalah umroh yang dilaksanakan terlebih dahulu dan setelah itu selesai kemudian melaksanakan ibadah haji.
3. Umroh Sunnah , salah satu unsur beribadah yang terpenting adalah Niat yang ikhlas dan tulus karena Allah SWT, meskipun umroh hukumnya sunnah bagi yang mampu, jangan sampai disia-siakan karena umroh merupakan salah satu ibadah yang memakai dana tidak sedikit, menghabiskan waktu yang panjang dan tenaga yang banyak. Mengunjungi Tanah suci Makkah merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dan mengandunng Fadillah yang sangat besar.

          Hmmm... sampai di sini dulu yaaaah...

Untuk berita lebih lanjut silahkan klik di sini!

#Simak Juga yuk Informasi, lihat  tentang security bank Mandiri yang mempunyai julukan "Bank Mandiri Bank Terbaik Di Indonesia"   

{ 1 komentar... read them below if any or add one }

Gestan Prima Pariska mengatakan...

Subhanallah...
terimakasih, ada atas fiqih singkat tentang Umroh nya

Posting Komentar