Featured Video

Tata Cara Umroh

Diposting oleh Unknown on Rabu, 16 Januari 2013

Hai, ketemu lagi dengan saya… kita lanjut yuk yang d atas ! Setelah nenekku menceritakan hal di atas, aku bertanya kepada nenek “nek, bagaimana sih tata cara umroh?”, Nenekkku menjawab “banyak yu, mulai dari…sampai…dan akhirnya selesai”. Mugkin kalian bingung dengan jawaban nenekku. Supaya tidak bingung, ku beri penjelasan kalian… coba lihat ajah di bawah ini ! selamat membaca…

Tata Cara Umroh

Untuk tata cara pelaksanaan umroh, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Disunnahkan untuk mandi besar (janabah) sebelum ihram untuk umrah dilaksanakan.

2. Mengenakan pakaian ihram yang sudah ditentukan. Pakaian ihram untuk laki-laki 2 kain yang dijadikan sarung dan selendang, sedangkan pakaian untuk para wanita memakai pakaian apa saja yang dianjurkan guna untuk menutup aurat tanpa ada hiasannya dan tidak memakai cadar atau sarung tangan.

3. Niat umrah yang tulus dan ikhlas dalam hati seraya mengucapkan Labbaika 'umrotan atau Labbaikallahumma bi'umrotin. Setelah itu bertalbiyah, bagi laki-laki suaranya harus dikeraskan dan bagi wanita cukup dengan suara yang sekiranya dapat didengar oleh orang di sekitarnya, yaitu mengucapkan Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syarika laka.

4. Apabila sudah sampai di kota suci Makkah, disunnahkan agar mandi terlebih dahulu sebelum memasukinya.

5. Sesampai di ka'bah, talbiyah dihentikan sebelum thawaf. Setelah itu menuju hajar aswad sambil menyentuhnya dengan tangan kanan dan jika mampu diperbolehkan menciumnya seraya mengucapkan Bismillahi wallahu akbar. Apabila tidak bisa menciumya atau bahkan menyentuhnya, maka cukup memberi isyarat dan berkata Allahu akbar.

6. Melaksanakan thawaf sebanyak 7 kali putaran. 3 putaran pertama jalan cepat apabila mampu dan sisanya diperbolehkan jalan biasa. Mengawali dan mengakhiri thawaf berada di hajar aswad, dan ka'bah dijadikan berada di sebelah kiri.

7. Jika bisa melakukan shalat sunnah 2 raka'at di belakang maqam Ibrahim, apabila tidak bisa boleh melaksanakannya di tempat lainnya di masjidil haram dengan membaca surah Al-Kafirun pada raka'at pertama dan Al-Ikhlas pada raka'at kedua.

8. Sa'i dengan menaiki bukit Shofa dengan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan seraya mengucapkan Innash shofa wal marwata min sya'aairillah. Abda'u bima bada'allahu bihi (Aku memulai dengan apa yang Allah memulainya). Setelah itu bertakbir sebanyak 3 kali tanpa memberi isyarat apa pun dan mengucapkan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai'in qodiir. Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa'dahu wa shodaqo 'abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu 3x. Kemudian berdoa sekehendaknya.

9. Amalan pada tatanan urutan sebelumnya diulangi setiap putaran di sisi bukit Shofa dan Marwah disertai dengan doa.

10. Sa'i dikerjakan sebanyak 7 kali dengan hitungan berangkat satu kali dan kembalinya juga dihitung satu kali, diawali dari bukit Shofa dan diakhiri di bukit Marwah.

11. Bagi laki-laki mencukur atau memotong sebagian atau keseluruhan rambut kepala dan bagi wanita memotongnya sebatas ujung jari.

12. Setelah semua itu dilaksanakn, selesailah sudah amalan umroh.

          Bagaimana? Paham gak dengan pennjelasanku di atas guys? Ok, kita lanjut pada cerita selanjutnya…

 Untuk berita lebih lanjut silahkan klik di sini!

   
#Simak Juga yuk Informasi, lihat  tentang security bank Mandiri yang mempunyai julukan "Bank Mandiri Bank Terbaik Di Indonesia"  

{ 0 komentar... read them below if any or add one }

Posting Komentar